Laman

Rabu, 17 September 2014

Ciri khas kota Lamongan dari segi Budaya dan Makanan


Kabupaten Lamongan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Lamongan. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Kesenian tradisional kabupaten lamongan diantaranya adalah Tari tradisional Boranan dan Tari tradisional Caping Ngancak.

Tari Tradisional Boranan adalah tari yang terinspirasi oleh aktivitas penjual nasi Boranan yang ada di Lamongan dan sudah siap dengan dagangannya dari pagi sampai subuh.
Gerakan tari Boranan cukup sederhana namun bermakna, dengan sentuhan tradisional. Setiap gerakan menunjukkan aktivitas penjual Boranan, dari menyiapkan makana sampai menyerahkannya kepada pelanggan. Penari Boranan selalu datang dari Lamongan, dengan memakai kain batik tradisional Lamongan, dengan warna khas biru dan hitam dan terdapat garis-garis merah pada pinggang.

 Tarian Tradisional Boranan.

 Tarian Tradisional Boranan.

Tari Tradisional Caping Ngacak Tari Caping Ngancak adalah salah satu tarian tradisional Kabupaten Lamongan. Tarian ini menggambarkan tentang petani yang beraktifitas di sawah mereka, dari mulai menanam padi sampai mereka mendapatkan panen. Layaknya petani, para penari juga mengenakan 'Caping' atau topi khusus yang biasa dikenakan petani saat pergi ke sawah.

 Tarian Tradisional Caping Ngacak.

 Tarian Tradisional Caping Ngacak.

Kuliner Khas Lamongan
Kabupaten lamongan juga mempunyai kuliner khas antara lain adalah:
Minuman:
  • Es Dawet Ental
Oleh-oleh 

Kabupaten Lamongan mempunyai bermacam-macam oleh-oleh khas Lamongan, diantaranya:
itulah sedikit deskripsi tentang Kabupaten lamongan, mungkin bisa menambah daftar temapat tujuan wisata anda.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar